Sabtu, 14 Juli 2012

Jangan Sampai Salah Jurusan Pas Kuliah | Part 2

Berhubung banyaknya minat pembaca blog gue pada artikel ini sebelumnya. Dan gue juga diminta untuk ngebahasnya lebih lengkap.

Jadi, gue akan update versi atau part 2 nya.

Yang belum baca bagian pertamanya, silahkan KLIK DISINI. biar gampang.

***

Oke... yang namanya kuliah itu bisa bikin galau kalo;

1. Gagal Lulus ujian saringan calon mahasiswa baru.

2. Sudah kuliah. Eh... tapi salah jurusan, alias kita sudah kuliah, tapi gak taunya gak sesuai dengan bidang, bakat, hobi atau ketertarikan kita buat kuliah sebelumnya.

3. Ketemu dosen, yang pelit nilai... (pengalaman pribadi, 3x ngulang, 3x dapet E. Fuck!!)

***

Baiklah dari pada curhat mending gue langsung aja kali ya. Siap?! Berangkaaattt.....

Oh iya... Sebelumnya gue sudah membahas beberapa fakultas yang ada nih, diantarannya; Fakultas kedokteran, Fakultas ekonomi, Fakultas teknik, Fakultas informatika dan komputer, Fakultas psikologi, Fakultas hukum, dan FISIP.

Dan dari beberapa komentar yang masuk, ternyata ada yang masih kurang nih, yuk kita bacain satu-satu. (biar kesannya interaktif buat postingan kali ini).

Dari komentar yang bernama,

Aulia Hafidz
"izin komen bang... kalo juga misalnya mau kuliah gratis dan lulus jadi PNS, kuliah di perguruan tinggi kedinasan aja seperti STAN, STIS, IPDN, dll.... oke thanks...."

Jawaban:
"Menurut gue, gak jadi masalah kalau lo kuliah disana. Malah bagus kan?!! Kuliah Gratis, dan kalau lulus bisa jadi PNS. Tapi yang gue sayangkan adalah kuliah disana kenapa coba harus mendominasi yang namanya disiplin militer, bahkan sistem perloncoan antara junior-senior disana kentel banget?Bahkan sampai ada yang tewas segala?Bentuk disiplin diri? Kuliah yah kuliah, di kampus itu tempat menuntut ilmu, bukan adu tinju. Yah, semoga kedepannya gak begitu lagi, kasihan kepada keluarga yang jadi korban. Hiks... Hiks... (tisuuu, mana tisuuu)"

Randy, yang penting share
"Ahh gak adil, keguruan gak ad :'( emang keguruan gak bagus ya menurut lo?"

Jawaban:
"Cup... cupp... jangan nangis, ini dibahas. Nah, yang dimaksud sama Randy YPS ini adalah kuliah FKIP (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan), di fakultas tersebut kalian (calon mahasiswa) akan mendapatkan ilmu dan materi soal keguruan, bahkan nanti ada yang disebut KKN (Kuliah Kerja Nyata) disana kalian akan menjadi seorang guru di sekolah-sekolah yang ada disekitar kampusnya. Asik kan? balik lagi ke jaman SMA. Hehehe..."

Secangkir teh dan sekerat roti
"Teknik industri jangan lupa.. sebagai alumni nih.. :D"

Jawaban:
"Oke, gue kira teknik sampe segitu aja. rupanya masih ada, yaitu jurusan teknik industri. Entah apa yang dikerjakan oleh anak anak Teknik Industri, tapi dari namanya mungkin kalian akan belajar mesin mesin pabrik, maybe? sorry, gue bener-bener gak tau."

Irvina
"Masuk FISIP ga harus jd politikus, di UI aja FISIP dibagi 3, salah satunya periklanan (dan gue gagal masuk sono haha)."

Jawaban:
"Inilah salah satu bentuk kegalauan gue selama jadi mahasiswa, ternayata FISIP itu ada jurusan periklanannya juga? OMG! Entah apa yang ntar di iklanin? Jangan2 Iklan 'KATAKAN TIDAK PADA KORUPSI' itu ulah anak-anak FISIP periklanan? haha... (damai), kalau mau ambil yang begituan kenapa gak coba ambil DKV? Design Komunikasi Visual, lebih seru kayaknya, kuliah full praktek."

Nah... Sampe sini dulu yah, berhubung ini malem minggu gue mau cabut dulu sama temen-temen. Kalau masih ada yang kurang mungkin kita buat part 3 nya.

Bye... Bye... Happy nice weekend... Happy Saturday night...

30 komentar:

  1. weh ada nama saya. .:D

    well, nanti bisa dicek di website resmi jurusan teknik mesin industri universitas gadjah mada.. :D

    sekalian promosi. .:D

    BalasHapus
  2. Okesip, permintaanku utk nulis bag. 2 ada juga :))

    BalasHapus
  3. KKN bukan buat ngajar doang mas.. bakti pada masyarakat gitu..
    nah pas PPL (Program Pengalaman Lapangan) baru deh ngajar di sekolah selama 6 bulan. abis itu baru skripsi, baru deh lulus.. begituh :) #anak FKIP

    BalasHapus
  4. mauu tanya lagi dong mas gembuuuul..
    saya sekolah di smk dan sekarang sudah kelas 3. kebetulan saya masuk jurusan listrik tapi saya merasa bingung mau melanjutkan kuliah di jurusan listrik karena yang saya alami di masa SMK ini bukan jurusan minat bakat saya.
    saya malah berminat meneruskan ke fakultas psikolog,ekonomi atau akutansi yang berbau IPS.

    saya sekarang bingung apakah mungkin bisa nerusin di jrusan IPS atau adakah yang mempunyai pengalaman yang hampir sama dengan saya dan bgmana ceritanya?
    tolong beri tips dan motivasi untuk mempertimbangkan hal sperti itu? dan bagaimana solusi nya?
    terimakasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. gini, kuliah itu bukanlah keharusan kita kedepannya mau jadi apa dan seperti apa?
      kuliah itu mendalami ilmu yang akan dituju kedepannya. Misal pengen jadi Pengusaha, Akuntan, dll. Jurusan yang tepat ya Jurusan Akuntansi dan Kewirausahaan. Sebaliknya kamu mau jadi apa. Masa depan itu ditangan kamu, gak ada yang bisa ngatur arahnya kecuali kamu sendiri.

      Janganlah pernah menyesal terhadap pilihan yang pernah diambil, kenapa? penyesalan itu gak pernah datang dibelakang kalau lo sebelumnya gak salah mengambil langkah, pikirkan yang terbaik untuk kamu, dan juga kedua orang tua kamu. Bicaralah dari hati ke hati, curhat belum tentu ciri2 anak manja. Tapi seandainya masih gengsi juga, coba lo kasih pendirian kediri kamu sendiri "GUE HARUS BISA" just it, semoga gak telat replynya :D

      Hapus
  5. izin nanya gan, sberapa besar sih peluang anak SMK masuk fisip ui, yg notabene gue gak pernah dapetin ilmu ips yg lebih spesifik? secara fisip ui itu gede bgt gengsinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. masalah seberapa besar peluang?
      haha...
      peluangnya cuman dua: LULUS atau TIDAK LULUS persentasenya sama 50:50

      so jadi gak ada yang gak mungkin, belajar gih :D
      biar LULUS

      Aminnnn

      Hapus
  6. maaas plis reply !
    akhirnya gue nemu blog yang pas, gue pen konsul nih mas ,gini gue baru aja naik kelas dan gue masuk ips karna metik gue jatoh ,dari awal gue uda cita2in pen masuk ipa tapi setelah gue pikir ips juga gak jelek dan gue sadar diri sama kelemahan gue di metik dan kelebihan gue emang di nilai ips mas so gue mikir lebih baik gue jadi kepala di ips daripada jadi ekor di ipa, nah skarang masalahnya adalah gue masih rada galau kedepannya mau ngambil jurusan apa ,awal gue tertarik sama jurusan HI soalnya gue emang ngerasa lebih di basing dan berbicara nah tapi pas gue survey lagi banyak yang bilang HI tuh gak menjamin lah kedepannya apalah ,terus gue juga mikir akutansi juga bagus kayak ipar gue nih yang dulu ngambil sekarang dia uda kerja di bank luar gtu nah kemampuan basing gue juga bisa ngedukung gue kan di kedua jurusan itu ,gue bingung mas gemboool ,apa bsa kasih saya pencerahan mengenai jurusan2 yang bagus gitu di ips ,tolong ya mas direply lagi galo berat niih ,walo masih kelas 2 saya uda pengen punya byangan cita2 sya kedepan mas buat ngefokusin gitu walo itu masi bsa berubah, trims hihhhi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu sih tergantung niat lo aja. Yg penting niat. HI juga bukan cuma ngandelin basing kali, perlu critical thinking juga. Cari mana yg menurut lo paling menarik, abis itu usaha deh kejar cita cita lo!

      Hapus
  7. pagi mas!
    gue mau nanya sklian crhat nih,sbnrnya gue pngen bnget jadi pngusaha trus mau ngmbil akuntansi dan kwirausahaan, tapi gue juga pngen bnget jadi PNS, gmna nih mas?? kasih motivasi nya dkit donk.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak ada yang salah jadi pengusaha, yang salah, kamu harus punya fokus yang di dahulukan. dan tentu setiap tindakan perlu pengorbanan.

      PNS siapa sih yang gak pingin, kecuali gue. kenapa? balik lagi kesebuah pertanyaan, untuk apa jadi PNS? gaji tetap? pensiun nikmat, dll, semua itu sih yang menggiurkan jadi PNS, apalagi nanti gaji PNS naik terus tiap tahunnya.

      emg berapa sih gaji PNS terbesar? paling 10jtan. gubernur aja gajinya segitu.

      bayangin kalo jadi PNS;
      gaji 10.000.000x40 tahun (480 bulan) = 4.800.000.000
      wow 4M. gede kan. tapi belum tentu juga gaji lo segitu.

      tapi bayangin lo jadi pengusaha, pecel lele.
      perhari omset; 500.000 x 1bulan = 15.000.000 dikaliin umur kamu, terus kalo masih bisa bertahan diwarisin ke anak cucu. bisa ditebak omsetnya berapa?

      hahaha....

      silahkan pusing kakak....

      Hapus
  8. pagi mas!
    gue mau nanya nih (sklian curhat),he
    gue tu pngen bnget jadi pengusaha dan ngambil akuntansi dan kewirausahaan, tapi gue juga pngen bnget jadi PNS.. gimana nih mas? kasih motivasi nya donk..

    BalasHapus
  9. mas gemboool aku mau curhat dikit ya. aku suka bgt gambar, dan dr dulu punya cita" jd desainer. tp skrg aku sekolah IT ngambil jurusan rekayasa perangkat lunak (rpl) yg ngarah ke pembuatan program. bukan ngarah ke desain" gambar. asik sih klo udh dijalanin. tp yg bikin galau itu aku msih bingung mau kuliah di jurusan apa nantiknya. aku suka ngedesain tp aku juga suka bgt sm IT. aku bingung mau ngambil jurusan apa. desain grafis atau ambil jurusan tatabusana ya? (T.T)
    mohon bantuannya ya mas gembool ;;)

    BalasHapus
  10. mas gemboool aku mau curhat dikit ya. aku suka bgt gambar, dan dr dulu punya cita" jd desainer. tp skrg aku sekolah IT ngambil jurusan rekayasa perangkat lunak (rpl) yg ngarah ke pembuatan program. bukan ngarah ke desain" gambar. asik sih klo udh dijalanin. tp yg bikin galau itu aku msih bingung mau kuliah di jurusan apa nantiknya. aku suka ngedesain tp aku juga suka bgt sm IT. aku bingung mau ngambil jurusan apa. desain grafis atau ambil jurusan tatabusana atau menurut mas gemboool aku enakan ngambil jurusan apa ya?(T.T)
    hihi.
    biar aku gk salah ambil jurusan utk kedua kalinya..
    mohon bantuannya ya mas gembool ;;) makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. konfliknya kayak FTV, bingung milih Ringgo atau Evan. Ringgo ganteng, tapi tukang selingkuh, sedangkan Evan, ganteng sih, baik, setia, tapi satu doi ngodek. hehe...

      kalo lihat dari konflik kamu, ada baiknya kamu balik lagi ke passion awal. kalo niat jadi designer ya kuliah yg langsung kena dengan design. gak ada salahnya juga kamu suka IT, dan IT jg gak punya salah sama kamu. mungkin ke depannya lo bisa design baju lewat media digital, gak melulu pake kertas. iya kan?

      percuma kuliah ini-itu kalo gak sesuai passion kamu, yg ada nantinya malah setengah2...

      Hapus
  11. siang mas ??????
    saya mau curhat ni mas gembol ,,,
    ni gw bru lulus SMA mas , dan gw mau ngelanjutin sekolah gw ...
    tp srg gw bingung mau ngambil jurusan apa ... dri awal si gw udah punya niat mau ngambil jurusan ILMU KOMPUTER , akan tetapi setelah saya nanya2 sama keluarga saya . keluarga saya ada yang gg setuju kalo gw ngambil jurusan itu...
    dia bilang gini mas " kalo mau ngambil jurusan ILMU KOMPUTER gg usah kuliah jg bisa , kursus komputer aja lo udah bisa nguasainya,,, mending lo ngambil AKUNTANSI atau PERPAJAKAN , katanya itu bagus "githu mas dia bilang nya...??
    sekarang gw bingung mas , dari awal gw niat'y pengen ngambil 'ILMU KOMPUTER" tpi sekarang gw jadi bingung .. harus ngambil jurusan apa si ????????
    pleaseeeee mas kasih motivasi buat gw...
    supaya gw tidak salah ngambil jurusan...

    thanks you mas sebelumnya...????

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ye, jangan bilang mau kuliah komputer. Pasti disuruh privat lo nya. Soalnya, bokap-nyokap lo mikir. Ah, ngapain kuliah cmn belajar office? Hehe..

      Bilangin, kuliah ilmu teknik informatika, kuliah disana bkn berarti lulus kerja jadi penjaga warnet dan tukang service komputer. Kalo lo pinter lo bs jd programer, yg nanti bakal di ambil sama perusahaan berbasis IT nasional atau multinasional.

      Ekonomi? Udah banyak, yg lain gih... Hush... (takut nambah saingan sbg sarjana ekonomi) hehe

      Hapus
  12. Mas Gembooool, mau tanya nih.
    Saya kan sekarang sekolah di SMK, jurusan Tata Busana. Itu dulu terpaksa nurutin ibu saya. Lha nanti pas lulus saya kepingin ngelanjutin kuliah. Tapi kalo ngambil fakultasnya Akuntansi atau ilmu ekonomi, itu bisa apa enggak? Masalahnya konteks pelajaran Tata Busana Beda banget sama Ekonomi.
    Mohon jawabannya, Terimakasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. bagus dong...
      kalau kamu emang mau ambil akuntansi nantinya, kamu akan belajar tentang neraca keuangan dan kalau nantinya kamu mau berwirausaha sendiri. ya, contohnya mau jadi designer/tailor kamu akan bisa banget merincikan biaya-biaya yang diperluin. jangan minder karena kamu sekolah dulunya tata busana terus masuk fakultas ekonomi akuntansi adalah sesuatu hal yang gak mungkin. Bisa dong. Mulai sekaranng belajar tentang akuntansi, matematika, dll. biar lolos ujian nanti.

      semangat kakak...

      Hapus
  13. mas saya mau tanya nihh..
    aku skrang baru lulus smk jurusan akuntansi, kira kira kalo mau masuk kuliah dapat masuk jurusan APA SAJA selain jurusan akuntansi dan ekonomi ? kirakira msuk jurusan komputer bisa ga ?
    mohon jawabannya terimakasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, selamat, lo lulus SMK. Sekarang fokus ke kuliah ya?
      Soal mau masuk Ilkom (ilmu komputer), bisa banget, lo ambil paket IPC...
      IPC apaan sih? silahkan google ya.

      Hapus
  14. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  15. mas mau nanya nih, kalo di teknik mesin ada pelajaran robotikanya gak ? makasih....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setahu saya, tahu itu adalah makanan olahan yang terbuat dari keledai. Eh, kedelai maksudnya. Begitu juga dengan pelajaran robotik, setahu saya yang bikin robot bukan anak Teknik mesin tapi teknik informatika dan komputer, disana ada kuliah bikin program dan robot.

      Hapus
  16. Mas saya mau nanya dund. Saya baru kls 1 sma galau nih nanti kuliah mau ke mana sy pengen bgt jadi arsitek soalnya sy suka desain rumah decor ruang suka banget liat2rumah tp sy payah bgt soal fisika dan katanya kalo masuk jurusan arsitektur tugas bkl numpuk dan sy paling ga kuat gampang stres kalo udh kayak gitu jadi mending saya maksain (kalo masuk) atau gimana? Makasii

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya arsitek harus kuat fisika dong, masa nanti gambar design rumah/gedung. eh, gedungnya malah ambruk, malu dong...

      jangan dipaksain masuk jg dong, tp kalo emang minat lo disana, ya gak salah jg dicoba. semuakan tergantung lo nya, belajar menghadapi stress itu jg baik kok...

      hihihi

      Hapus
  17. permisi mas saya sekarang masih sekolah smk kelas 3 jurusan rekayasa perangkat lunak.saya mau tanya kalau saya nanti kuliah ambil jurusan akuntansi bisa gak ???
    terima kasih

    BalasHapus