Kamis, 21 Juni 2012

Jangan Sampai Salah Jurusan Pas Kuliah

Kali ini gue mau berbagi sedikit tips kepada lo yang baru saja LULUS SMA dan mau ngelanjutin ke tahap pendidikan yang lebih tinggi, bahasa keren nya sih mau jadi anak kuliahan. Ciiieeeee...

"Ayo ngacung yang mau jadi anak kuliahan?"

Perlu lo semua ketahui, sebaiknya mengambil keputusan untuk kuliah itu perlu dibicarakan oleh kedua belah pihak, yaitu lo dan kedua orang tua lo. Kenapa? Jawabannya sih simple karena kuliah itu, yang ngejalaninnya lo. Sementara, yang ngebiayainnya kedua orang tua lo. Jadi, jangan sampai uang orang tua lo habis, tapi minat lo untuk kuliah enggak ada sama sekali. Beda yah, minat sama males kuliah.

Hehehe...

Yang namanya kuliah itu gak ada yang murah, bayangin aja untuk biaya pendaftaran masuknya aja yang paling murah itu 20 jutaan, dan yang paling mahal bisa sampe ratusan juta rupiah. Gak kebayangkan kalo uang segitu banyaknya lo habisin karena lo gak punya minat sama sekali buat kuliah.

Nah, kalo sudah uang sebanyak itu sangat disayangkan lho di buang-buang, misalnya lo lebih minat menjadi wirausahawan atau entreprenuer. Uang tadi, bisa lo bisnisin walaupun bisnis itu masih dalam skala kecil. Atau beliin kerupuk bisa dapet berapa banyak coba? Huaa...

Oke, walaupun lo tetep ngotot jadi mahasiswa, ada baiknya lo harus lebih bijak memilih fakultas apa yang mau lo masukin. Di sini gue ingin berbagi dan sekalian membantu mendeskripsikan seperti apa itu kuliah. Jangan Sampai Salah Jurusan Pas Kuliah!!

FAKULTAS EKONOMI

Saat lo kuliah mengambil jurusan ini lo berada di tiga simpang jurusan, yaitu jurusan ekonomi akuntansi, manajemen dan ekonomi pembangunan. Kalo lo mau ambil kuliah ekonomi, lo harus liat lagi rapot SMA lo, bagus gak nilai pelajaran ekonomi lo? Tapi sebenernya nilai rapot juga gak nentuin kita bisa langsung lulus di Fakultas ini, sebab Ekonomi gak hanya sebatas menghitung duit (baca: duit orang) dan membuat neraca akuntansi. Enggak!

FAKULTAS KEDOKTERAN

Siapa yang mau masuk fakultas ini? Pasti banyak yah, sebab ini salah satu fakultas terfavorit setelah Fakultas Ekonomi diatas. Tapi yang pasti fakultas ini paling banyak menyita waktu dan uang kedua orang tua lo. Terlebih lagi kalo mau kuliah disini, lo harus tahan banting melihat darah dan siap mencium bau-bau aneh dari mayat yang jadi korban praktek lo, dan terpenting lo harus gak takut hantu dan kerabatnya hantu (mulai keluar jalur). Kenapa? Siapa tahu mayat yang jadi korban praktek lo nanti adalah mayat yang arwahnya masih penasaran. Dan yang ngempunya jasad gak rela jasadnya di obok-obok sama lo, lalu akibat perbuatan lo si arwah tersebut meminta tumbal.

Haha... Serem kan? Gak juga...

FAKULTAS TEKNIK

Pengen membuat jalan, jembatan gedung gedung pencakar langit, menjadi ahli kimia dan akhirnya menjadi teroris pembuat bom, atau menjadi pekerja tambang atau elektro, dan lain lain?

Ada baiknya lo ambil fakultas teknik. Perlu lo ketahui Fakultas Teknik inilah yang mempunyai 'anak' fakultas paling banyak, mau disebutin satu satu?

Oke... ini dia,

1. Fakultas Teknik Sipil
2. Fakultas Teknik Arsitek
3. Fakultas Teknik Tambang
4. Fakultas Teknik Elektro
5. Fakultas Teknik Mesin
6. Fakultas Teknik Kimia

Tuh kan banyak, masih gak percaya? percayalah (semboyan believe it ot not). Di fakultas ini kalo lo masih mempunyai minat kuliah disini, lo harus mempunyai fisik yang kuat, karena nanti setelah semester 5 keatas jam tidur lo akan berkurang drastis, jam tidur lo hanya 3 jam karena tugas lo bakal setumpuk ngelebihin orang kantoran, makanya di fakultas ini ada beberapa dosen yang mengajarkan kalian ilmu hypnosis DeepSleep.

Apa itu deepsleep? (cari sendiri di google yah).

Tau darimana sih gue? Pasti kalian mengira gue ini ngarang, iya kan? Kalo lo ngira jawabannya 'iya', lo salah besar. Karena adek gue sendiri yang mengalami nya, dia baru semester 4 dan walaupun baru semester segitu, adek gue sudah menjadi coffeeholic buat menahan dan memaksa rasa ngantuk itu gak dateng. Kadang enggak tega juga lihatnya, tapi itu sudah menjadi resiko yang ditanggung oleh dia, sebagai mahasiswa teknik.

Masih minat juga? Persiapkan mental dan fisik lo dari sekarang.

FAKULTAS ILMU INFORMATIK DAN ILMU KOMPUTER

Kuliah ini membahas seluruh yang berkenaan dengan yang namanya computerisme (bahasa ngaco). Punya mimpi menjadi designer web, bikin robot, programer, bahkan developer program aplikasi lo harus kuliah disini. (just it)

FAKULTAS PSIKOLOGI

Kalo lo punya kebiasaan dengerin temen lo curhat pas SMA dulu, lo sangat cocok masuk di fakultas psikologi. Kenapa? Karena tugas psikolog itu yah dengerin orang curhat doang, terus dibayar deh. 

Enak banget yah?

FAKULTAS HUKUM

Hukum! Berbicara soal hukum, negeri ini butuh yang namanya penegak keadilan yang adil, jujur dan tegas. Kuliah di fakultas ini lo gak bakal mungkin lepas sama yang namanya Undang-Undang, dan itu harus dihapal. Yang gak doyan menghafal mending jangan kuliah disini deh...

Masa pas sudah jadi hakim nyontek pasal dulu, malu kan sama maling/koruptor yang di depan lo... amit-amit daah!

FAKULTAS FISIP 

Yang belum tau FISIP itu apa? Gue coba bantu jawab nih, FISIP itu adalah singkatan dari Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Bener gak? Bener dong...)

Nah, bagi yang tertarik jadi PoliTIKUS atau sosialitus (mulai ngarang lagi) kalian bisa kuliah disini. Dan inget cuman satu pesen gue, kalo sudah lulus dari kuliah ini jadilah PoliTIKUS atau Sosialitus yang bermoral yah, junjung tinggi kejujuran dan jadilah orang yang dermawan, rendah hati, serta suka menabung buat masa depan.

Hmm... Itu dulu deh yang bisa gue share ke lo semua, sebenernya sih masih banyak jurusan-jurusan kuliah yang lain, seperti jurusan kesenian, bahkan jurusan entreprenuership juga sudah ada saat ini, semua tergantung kalian, maunya kuliah dimana? Dan jadi apa nantinya? Semua ada ditangan generasi pemuda yang kelak akan memajukan Negara Indonesia tercinta ini.

"Oiah satu lagi, nanti bila kalian sudah jadi mahasiswa harap kalo DEMO itu jangan ANARKI yah, jadi pendemo yang berilmu"

214 komentar:

  1. yah bener bang. sekarang kuliah enggak murah. dan itu rugi apalagi hanya buat ajang cari gelar. dan so yeah uang yang asal buat cari gelar mending kalau enggak kuliah buat bikin usaha aja. kasihan coy uang yang dipakek buat ilmu yang seharusnya bisa investasi nantinya enggak bisa terealisasikan dengan baik, kalau buat orang kaya atau orang seperti bau bau kaya gitu ya terserah sih. tapi apa enggak kasihan yang ngebiayain itu uang coy jangan disia siakan.
    mending belajar cara investasi (wirausaha).

    yeah bener jadilah pendemo yang baik.

    Semangka buat mas gemboll belum terlambat okehh. jadilah mahasiswa cum laude *doaku

    BalasHapus
  2. mendapatkan gelar cumlaude (kumlaut) sepertinya telah sirna, sekarang tinggal menatap masa depan... Pengangguran semakin banyak, mending uang kuliah kemaren dibuat usaha, tapi kalo gak kuliah jg mungkin niat jadi pengusaha itu gak ada... Tinggal menjalani waktu ke depannya aja sih..

    SUKSES BUAT SEMUA YANG BACA DAN YANG BERKOMENTAR DISINI..

    Amin...

    BalasHapus
  3. izin komen bang... kalo juga misalnya mau kuliah gratis dan lulus jadi PNS, kuliah di perguruan tinggi kedinasan aja seperti STAN, STIS, IPDN, dll.... oke thanks....

    BalasHapus
    Balasan
    1. bagus tuh kalo kuliah disana, Gratis sih...

      tapi yang gak gue suka kalo kuliah di IPDN itu kenapa coba kekerasan selalu ada? bahkan sampe ada yang meninggal segala...

      sekolah yang bermartabat tidak menjunjung kekerasan dalam kedisiplinan, kecuali AKPOL dan AKMIL yah, itupun ilmu disiplin militer sangat wajar. Nah kalo IPDN? Polisi bukan TNI bukan, masak pake disiplin militer, ujung2nya jadi Camat juga. Hahha...

      Mending berwirausaha..

      Hapus
    2. tapi gue tetep respect ya... (no offence) tp kenyataan sih gitu, cuman curahan pendapat aja... :D

      Hapus
  4. aku ambil teknik padahal.. seperti apa nanti badan aku ini..

    BalasHapus
    Balasan
    1. siap siap yah... mulai sekarang jaga fisik dan stamina.. :P

      Hapus
    2. Ambil teknik apa , gw kuliah dtknik informatika dn memang setiap sampe pagi itu gw habiskan waktu buat beljaar. Pi emng enk nya itu belajar dimalam hari. Banyak ide dn logika g keluar dengan lebih mudah dimalam hari. Klo siang malah pusibg ngadepin bahasa dewa .

      Hapus
  5. ahh gak adil, keguruan gak ad :'( emang keguruan gak bagus ya menurut lo?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha, gue lupa dan udah kebanyakan tuh (capek nulisnya) haha...

      Menjadi guru itu mulia kok, kenapa gue sampe lupa ya? (mohon dimaafkan)

      Hapus
  6. mas ga semua fisip jadi poliTIKUS :'(
    semua jurusan bagus tergantung gimana ngejalaninnya. sekarang mahasiswa udah berubah maknanya karena anak-anak SMA banyak yang ngira kalo kuliah tuh kerjaannya cuman nongkrong dll. (kaya yg di sinetron-sinetron). padahal mah!!! T-T

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha... Anak Fisip banyak yang keluar jalur, begitupun sama dengan yang laennya... Di tempat Mas Gemboool, temen sih. Dia kuliah di teknik eh sekarang kerja di Bank...

      Haha...

      buat yang ini 'sekarang mahasiswa udah berubah maknanya karena anak-anak SMA banyak yang ngira kalo kuliah tuh kerjaannya cuman nongkrong dll. (kaya yg di sinetron-sinetron). padahal mah!!! T-T'

      Sepertinya lo jadi Mahasiswa Galau yah? haha...

      Hapus
    2. iya mas, jurusan ga menentukan kerja apaan nantinya.
      haha saya mahasiawa galau tugas massss, ga jaman galau pacar :p

      Hapus
  7. kenapa FKIP kagak adaaaaa? ada apa dengan FKIP??????akwkkw ,anak FKIP menggugat

    BalasHapus
    Balasan
    1. ampuuuunnn jangann maen gugat gugat gitu ahh... serem banget, monggo ditambahin :D kan koment2 juga pasti dibaca nih...

      yuk tambahin di koment yah bang Randi YPS :D (cipokk gek) haha...

      Hapus
  8. teknik industri jangan lupa.. sebagai alumni nih.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. waah... maaf di postingan kali ini ada beberapa yang gak ditulis, masalahnya banyak banget fakultas2 yang ada di Indonesia, sorry banget kalo banyak gak kesebut fakultasnya... Kalo gak keberatan silahkan tambahin sendiri yah, di koment ini :D

      OKE!!...

      Hapus
  9. Semoga saya juga ngga salah jurusan nih mas :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga Ijal dpt jurusan yang 'menyenangkan' yah... hahha

      Hapus
  10. wkakwkaka oi masyan ,apo kabar lurrrr

    dari febz aka layo hehehe

    bagus jugo blok kw haha :D

    payo maen2 ke blog aku hahhaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha... payo diaturi mun la keno puji2 nih... haha, kalo biso febs, jgn pake bahaso palembang, mari berbahasa Indonesia saja :D

      Hapus
  11. masuk teknik bikin badan remek :3
    tapi seruuu :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha,, anak ini sepertinya sudah pernah dilindes traktor yah...

      selamat remekria yah... :P

      Hapus
  12. Berhubung dalam hitungan tahun aku mungkin akan menyandang gelar mahasiswa, aku rasa postingan ini menarik mas. Kalau boleh saran sih, jelasinnya lebih panjang, walau gak semua fakultas. Setidaknya yah, lebih detil. Buat bagian keduanya mas! Hahaha :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha,, alhamdulillah, baru kali ini ada yg jujur kalo bilangan tulisan mas gemboool itu menarik...

      soal kenapa artikel ini fakultasnya kurang lengkap, mungkin krn mas gemboool kurang refrensi, diatas aja malah ada yg nuntut gue malah...

      Oke, part dua akan meluncur kalo gitu dalam waktu dekat..

      Hapus
    2. Oke! Kalau bagian keduanya sudah ada, tag aku di facebook yah, mas. :D

      Hapus
  13. masuk FISIP ga harus jd politikus, di UI aja FISIP dibagi 3, salah satunya periklanan (dan gue gagal masuk sono haha).

    BalasHapus
    Balasan
    1. periklanan? serius?
      kenapa gak ambil jurusan DKV aja, itu malah lebih enak kuliahnya, praktek langsung... so, pasti bimbang kan?haha...

      Hapus
  14. aku masih SMK di jurusan Teknik Komputer & Jaringan,tapi gegara salah jurusan!!jadi besok sama sekali nggak minat nglanjutin ke Informatika & Komputer...#curcol hehe

    BalasHapus
  15. Kalo anak bahasa di SMAnya mau ngambil jurusan Ekonomi pas kuliah Bisa ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa dong, apa di Indonesia ini yg gak bisa?
      Ambil IPC (semoga gak telat replynya :D)

      Hapus
  16. ngebantu banget, asik juga dibacanya, thanks sob :D

    BalasHapus
  17. keren, ngebantu banget, asik dibacanya haha

    BalasHapus
  18. Hadir mas gembol
    Artikel nya bagus


    By : novri

    BalasHapus
  19. Ane mau ambil jurusan komputer ini gan. Tingkat kesulitannya di mana ya mas gembol???
    Sebenarnya ada 2 jurusan yang ane mau masukin antara arsitek ama komputer
    Jadi rada bingung nih mas -_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hmm... setau mas gemboool, semua kuliah itu asik, tinggal sekarang passion km terletak dimana? jadi programer, dll (sudah mas sebut diatas), dan kamu bakal digembleng menjadi itu disana. Tingkat kesulitannya menurut mas gemboool cuman di Algoritma dan Angka Binary. Kenapa susah? Karena mas gak ambil jurusan komputer, tp rata2 gak ada yang susah.

      Hapus
  20. Ai minta saran mas bray! ai tuh anak jurusan IPA kls 2, ai bingung neh mau masuk ekonomi/bisnis manajemen atau teknik arsitektur. menurut ai ekonomi tuh gampang+ menarik nah klo arsitektur emang gambar+ide2 buat bangunan tuh ganteng. jadi gimana nih sarannye mas bray?

    BalasHapus
  21. Ai minta saran mas bray! ai tuh anak jurusan IPA kls 2, ai bingung neh mau masuk ekonomi/bisnis manajemen atau teknik arsitektur. menurut ai ekonomi tuh gampang+ menarik nah klo arsitektur emang gambar+ide2 buat bangunan tuh ganteng. jadi gimana nih sarannye mas bray?

    BalasHapus
  22. Ai minta saran mas bray! ai tuh anak jurusan IPA kls 2, ai bingung neh mau masuk ekonomi/bisnis manajemen atau teknik arsitektur. menurut ai ekonomi tuh gampang+ menarik nah klo arsitektur emang gambar+ide2 buat bangunan tuh ganteng. jadi gimana nih sarannye mas bray?

    BalasHapus
  23. mas saya mau nanya saya minat di ekonomi/bisnis manajemen tapi saya bakat di arsitektur/design. jadi gimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. munafik ya kalau bisa fokus dua jurusan kuliah sekaligus. jd mas gembol saranin, hmmm...
      Ipa Ya?
      Arsitek sm design beda: tahukah arsitek itu gak hanya modal gambar garis lurus doang terus akhirnya kebentuk gambar. disana ada perhitungan sistemik yg akurasinya harus tinggi. so, lo harus pinter fisika, kimia, matek jg,
      sdgkan design emang lebih bntuk ke seni rupa. bedanya cuman tools yang dipake. kalau berbasis IT ya pake software, kalo seni rupa asli pake kanvas, dll. agak ngambang jawabannya ya? tapi coba lo dalemin lagi. masih satu tahun lagi. awas jgn sampe salah jurusan lho :D

      Hapus
  24. bro.. klo jurusan desain gmn bro? bagus gak
    kira2 jurusan desain yg paling bagus apa?
    trus bagusan mana manajemen ato desain? mohon bantuan nya ya bro..
    thx :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. sepengetahuan mas gemboool design itu yang paling enak design graphis sama design komunikasi visual.

      kalo disuruh bagusan manajemen atau design.

      hmm...

      tergantung sih jawabannya. lo lebih tertarik kmn? dan juga sesuaiin dengan kondisi keuangan ortu jg.
      seandainya lo suruh gue yang jawab, enakan ambil manajemen. kenapa? kalau ntr nasib lo bagus kedepannya pas kerja(ya siapa tau) orang-orang manajemen nantinya tuh bakal ada di top resources dalam dunia kerja, ya misalnya jadi manager, direktur, dll. tapi memang orang manajemen itu selalu mulai dari low dulu seperti sales, dll. tp yang namanya karir pasti bakal berkembang.

      nah sedangkan design itu ya segitu aja, tapi sangat diperlukan sekarang ini, apalagi dalam marketing di dunia modern, seperti iklan, spanduk, banner, itu kan orang design kerjainnya. ya gitu, tp gak menutup kemungkinan juga orang design gak bisa jadi CEO dll. Bisa kok, asal tau teknik manajemennya.

      saling berkaitan kan?

      mending gini. misal suka dua duanya. Kuliah manajemen, kursus design grapis aja. kan ada tuh yang D3nya.

      Hapus
  25. bro.. tumpang tanya ni...
    jurusan desain bagus gak bro?
    trus desain apa kira2 yg paling menjanjikan masa depan nya?
    bagusan mana manajemen ato desain?
    mohon bantuan nya ya bro..
    thx u :))

    BalasHapus
  26. Kalau saya gimana ya mas Gembol, saya ini sudah ada kerjaan dipemerintahan, desa, dan saya juga masih bisa kuliah. Yg jdi mslahnya tu saya malah kpngin kuliahnya tu di jawa sdngkan saya disumatera. Pdhal klau dipkir" kuliah akhirnya buat kerja n cari uang, nah skrng saya dapet dua"nya kerja n kuliah kok saya malah pngin kuliah dijawa ya.. Ini yg buat galau, pdhal saya udah 1 tahun lulus SMK dan wktu kmren saya. Buat kursus b.inggris..

    BalasHapus
    Balasan
    1. kerja disumatera? kalau kuliah? kerja gimana?

      semoga bisa jawab nih, setiap perguruan tinggi sekarang dimanapun, jawa kek, sumatera kek, semua sudah bagus! maupun swasta ataupun negerinya.

      nah kalau "Pdhal klau dipkir" kuliah akhirnya buat kerja n cari uang" gue sebagai orang yang visioner sih kurang setuju. kuliah itu mencari ilmu, ilmu gunanya buat mencari peluang, peluang imbasnya dapet uang juga sih. hehe....

      tapi yang namanya cari peluang itu lebih susah daripada cari kerja. bayangin seandainya cuman fokus cari kerja, lo kerja aja jadi buruh. pastti gak mau kan? kenapa krn lo punya modal ilmu sampe SMK, pasti cari peluang yang lebih baik. Nah seandainya lo kuliah? tentunya toh lo bakal cari peluang yang lebih bagus daripada kerjaan lo sekarang kan?

      kata tmn gue "PNS gak menjamin hari tua! yang menjamin hari tua itu kebahagian (dimana uang masih berputar) walaupun kita sudah gak kerja lagi"

      Hapus
  27. Kalau saya gimana ya mas Gembol, saya ini sudah ada kerjaan dipemerintahan, desa, dan saya juga masih bisa kuliah. Yg jdi mslahnya tu saya malah kpngin kuliahnya tu di jawa sdngkan saya disumatera. Pdhal klau dipkir" kuliah akhirnya buat kerja n cari uang, nah skrng saya dapet dua"nya kerja n kuliah kok saya malah pngin kuliah dijawa ya.. Ini yg buat galau, pdhal saya udah 1 tahun lulus SMK dan wktu kmren saya. Buat kursus b.inggris..

    BalasHapus
  28. Kalau saya gimana ya mas Gembol, saya ini sudah ada kerjaan dipemerintahan, desa, dan saya juga masih bisa kuliah. Yg jdi mslahnya tu saya malah kpngin kuliahnya tu di jawa sdngkan saya disumatera. Pdhal klau dipkir" kuliah akhirnya buat kerja n cari uang, nah skrng saya dapet dua"nya kerja n kuliah kok saya malah pngin kuliah dijawa ya.. Ini yg buat galau, pdhal saya udah 1 tahun lulus SMK dan wktu kmren saya. Buat kursus b.inggris..

    BalasHapus
  29. Aq bngung ambil jurusan ekonomi apa it??? Hadeeeuuhh... Bener2 bngung, tolong pencerahannya ya mas.

    BalasHapus
  30. Aq bngung ambil jurusan ekonomi apa it??? Hadeeeuuhh... Bener2 bngung, tolong pencerahannya ya mas.

    BalasHapus
  31. Aq bingung pilih jurusan ekonomi apa it.. Kalo ditanya passion aq suka itung2n tp aq juga suka game pc(нehehe")detail gambar,design,jaringan dsb.hadeeuuhh bner2 bngung..mohon pencerahannya ya mas gembol.

    BalasHapus
    Balasan
    1. di jurusan IT ada itung2an juga kok, ekonomi jg sama. bedanya, IT itungin algoritma, ekonomi ngitungin neraca keuangan. Mana yang lebih asik? sampe sekarang masih enakan manajemen deh (jurusan mas gemboool)

      Hapus
  32. Nah w jg mw mnta saran dong mas bro,,, bru tengah smster neh w kuliah di FE. Akuntansi nah wktu smk c w akuntansi pas msk kuliah w ambil akuntansi stelah pertengahan smster w mlai mumet gg betah gtu mgkin bkan minat w, saranin dunx bwt org ky w yg typical'y ska rame2, teamwork; ngakak, jurusan paan yg pas tp gg kbanyakan itung2an!

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh, jurusan yang suka ngakak itu kayaknya jurusan komedi deh! haha...

      Hapus
  33. Mas gemboool..

    Saya anak hukum protes nih. Perlu mas gembol tau, di Fakultas Hukum itu GAK perlu MENGHAFAL peraturan. Bisa mati kalau ngafalin peraturan. Kalau cuma modal menghafal, hasilnya ya ibarat penegak hukum tapi berkacamata kuda. Hukum itu perlu LOGIKA. Peraturan bukan dihafal, tapi DIMENGERTI. Buka peraturan juga gapapa kaliii. Yakali kita mau hafal ratusan peraturan. Kalau ngerti esensi dari tiap peraturan, peraturan cuma buat pengingat dan patokan aja. Jadi pesen saya, kroscek dulu mas sebelum ngasih info ke publik. Terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. akhirnya gue nemu blog yang pas, gue pen konsul nih mas ,gini gue baru aja naik kelas dan gue masuk ips karna metik gue jatoh ,dari awal gue uda cita2in pen masuk ipa tapi setelah gue pikir ips juga gak jelek dan gue sadar diri sama kelemahan gue di metik dan kelebihan gue emang di nilai ips mas so gue mikir lebih baik gue jadi kepala di ips daripada jadi ekor di ipa, nah skarang masalahnya adalah gue masih rada galau kedepannya mau ngambil jurusan apa ,awal gue tertarik sama jurusan HI soalnya gue emang ngerasa lebih di basing dan berbicara nah tapi pas gue survey lagi banyak yang bilang HI tuh gak menjamin lah kedepannya apalah ,terus gue juga mikir akutansi juga bagus kayak ipar gue nih yang dulu ngambil sekarang dia uda kerja di bank luar gtu nah kemampuan basing gue juga bisa ngedukung gue kan di kedua jurusan itu ,gue bingung mas gemboool ,apa bsa kasih saya pencerahan mengenai jurusan2 yang bagus gitu di ips ,tolong ya mas direply lagi galo berat niih ,walo masih kelas 2 saya uda pengen punya byangan cita2 sya kedepan mas buat ngefokusin gitu walo itu masi bsa berubah, trims hihhhi :)

      Hapus
    2. akhirnya gue nemu blog yang pas, gue pen konsul nih mas ,gini gue baru aja naik kelas dan gue masuk ips karna metik gue jatoh ,dari awal gue uda cita2in pen masuk ipa tapi setelah gue pikir ips juga gak jelek dan gue sadar diri sama kelemahan gue di metik dan kelebihan gue emang di nilai ips mas so gue mikir lebih baik gue jadi kepala di ips daripada jadi ekor di ipa, nah skarang masalahnya adalah gue masih rada galau kedepannya mau ngambil jurusan apa ,awal gue tertarik sama jurusan HI soalnya gue emang ngerasa lebih di basing dan berbicara nah tapi pas gue survey lagi banyak yang bilang HI tuh gak menjamin lah kedepannya apalah ,terus gue juga mikir akutansi juga bagus kayak ipar gue nih yang dulu ngambil sekarang dia uda kerja di bank luar gtu nah kemampuan basing gue juga bisa ngedukung gue kan di kedua jurusan itu ,gue bingung mas gemboool ,apa bsa kasih saya pencerahan mengenai jurusan2 yang bagus gitu di ips ,tolong ya mas direply lagi galo berat niih ,walo masih kelas 2 saya uda pengen punya byangan cita2 sya kedepan mas buat ngefokusin gitu walo itu masi bsa berubah, trims hihhhi :)

      Hapus
    3. Pertama. IPS itu ilmu sosial, anonim. (yailah mboool, masak ilmu santet)
      IPS atau IPA tuh jg gak menjamin kok, contohnya gue. Gue SMA dulu IPA, tapi sekarang kuliah ekonomi, IPS. Kalo lo IPS ntr misal kuliah mampu jurusan IPA, kayak teknik, dll. Lo kan bs ambil IPC gabungan IPA/S jadi gak nutup kemungkinan lo bisa kuliah jurusan dimana saja yg lo suka.

      Kedua. Soal kerja. Lapangan kerja di Indonesia ini sungguh tidak adil. tiap tahun sarjana nambah, tp tmpt kerja gak nambah2. Kmren sistem outsourching malah di demo, padahal itu mksdnya agar sistem kerja kita gantian (rolling). Eh, tapi malah di demo. Wajar sih. karena disini perusahaan mulai berfikiran licik, dan itu2 sah2 aja sebab perusahaan mau juga untung.
      Jadi, mau dapet kerja lo harus bnr2 bisa bersaing. IPK 4.0 gak menjamin lo bisa kerja layak. Berfikir visioner, kenapa gak bikin lapangan kerja sendiri.

      Ketiga. Penyesalan mas gemboool sendiri. Kenapa gue dulu percaya kuliah formal itu penting. Coba seandainya kuliah gak formal misal kuliah photography, kuliah kesenian (artis), artist bukan pemain sinetron) Kuliah Koki. Padahal disana ada dua peluang, kita karir atau bisa bikin karir sendiri (ngerti kan maksudnya?)

      Semoga tercerahkan ya. Salah gak salah, ya terserah gue. Sikap yg lo tentuin.

      Hapus
  34. kalo aku uda ambil teknik sipil bkln ssh ennga y kdpnnya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Susah tuh relatif. Kemampuan juga relatif. Asal ada kemauan, dan lo berfikir kreatif. Gak jadi masalah...

      Hapus
  35. Mas gemboool, saya mau tny nih krna lagi galau tingkat dewa, saya lulusan smk teknik bgunan thn ini dan dsuruh kuliah sama ortu, yaudah saya turutin, nah kalo emg sesuai alurnya kan saya ambil teknik sipil tuh, tp entah kenapa saya kok ingin coba kuliah akutansi STIE, awalny ortu setuju, tp kok lama kelamaan ortu ragu sama kpusan saya untuk kuliah akutansi krna srng ortu srng tny ke org2, nah otomatis ane makin ragu, soalnya ane kuliah kan gak mau kecewain ortu...
    Saya mohon bantu ksh solusi nya ya jurusan mana yg plng tepat buat saya jalani, sebagai acuan saya skolah 3 thn dan praktek lpngan 1 thn, jd 4 thn di SMK, krna emg program SMK 4 thn, dan jg saya blm tau sama sekali soal dunia akutansi, saya hny suka dgn hal yg berbau perhitungan...
    Terima kasih atas jawaban yg jelas dan detail nya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. simple. kalo gk mau bikin ortu nya kecewa, kamu kuliah yg bnr. agak susah emang menyatukan prespektif orang tua dengan sudut pandang kita.

      ambil jurusan yang lo pilih. konsisten. dan yakinin ortu lo, kalo lo bs diandelin di jurusan itu.

      Hapus
  36. Maaff mass mauu tanyaa..jurusann ekonomii manajemenn bisaa daftarr jadii polisii gaa yaa ??.
    Maaff klo pertanyaannya agakk gaa nyambungg ..
    Thanks.

    BalasHapus
    Balasan
    1. setau gue, S1 polisi bisa dr jurusan manapun. asal umur km gk jatoh tempo pas persyaratan administrasi. makanya cepet kelarin kuliah lo....

      Hapus
  37. Tahun depan, rencana gue mau kuliah. Tapi, gue masih susah nentu'n jurusan (masalah umum).
    Kriteria yang gue mau si yang bagus buat masa depan (pasti). Dan karakter gue suka otak-atik strategi, pokoknya yang bekerja di balik layar, bukan seorang professional kayak Dokter ataupun Enginer.
    gue si melirik antara ekonomi sama informatika atau komputer (di atas), tapi gue belom jelas tentang ekonomi itu seperti apa, jurusannya apa aj. Sedangkan informatika, gue ga jelas di kedepannya, misal setelah lulus tu mau ngapain, hehehe. Bener2 belom ada gambaran.

    Mohon pencerahannya dong Gan. Thx before.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada 3 hal.

      Pertama, nama gue bukan Afgan, jadi jangan dipanggil Gan!

      Kedua, kita bahas bagian kuliah ini simple ja. biar kamu gak bingung. Oke siap?
      Sip. Kuliah, bukan berarti sukses kedepannya. Kuliah cuman sarana tempat mencari ilmu. kalo ini salah, maafin gue, karena setau gue seperti itu.
      Sekarang. Perlu dicatat. Pengangguran yang dikeluarkan tiap Univ lebiih banyak drpd lap pekerjaan yang disediakan. seandainya lo emang tertarik kerja dibalik layar. kenapa gak mencoba berwirausaha. Inget berwirausaha tuh bukan kayak buka warung terus jualan sembako ya. Wiraushaa disiini lebih luas artinya. silahkan cek di google.

      Ketiga. Jangan menjudge tiap fakultas itu jelek dan gak punya masa depan. oke cukup sampe disini, karena kalo dibahas keluar jalur.
      Balik lagi ke topik. Ekonomi kan ada 3 jurusan, semuanya sama, hanya saja konsentrasi yang ditunjuk. Akuntansi, lebih fokus ke masalah numbering, neraca, dll. pokoknya hitung2, tapi bukan berarti mereka tidak mengerti manajemen.
      Manajemen. secara garis besar mereka menggunakan paham P.Khotler. dimana manajemen ada 4P, perencaan, pengorganisian, pengarahan, dan pengendalian. lbih lanjutnya silahkan googling.
      dan terakhir. soal informatika. sekarang coba lo pikirin sebarapa banyak perusahaan yang membutuhkan jasa IT. banyak. apalagi sekarang jaman serba global dan masing2 saling terhubung. ini singkat banget penjelasan gue, silahkan googling dan temukan pertanyaan yang lebih spesifik biar jelas.

      makasih

      Hapus
    2. sedikit menambahkan
      smua ilmu bermanfaat gan, jd jgn ragu mmilih apapun' kurasa tujuan utama kuliah bukan utk mencari pekerjaan, dengan sarana kuliah berarti kita mewarisi ilmu yang telah dipikirkan oleh orang kita terdahulu, jd tinggal apakah kita bisa mengembangkannya untuk menyelamatkan bumi kita kelak..
      hhaahaha lebay
      maaf klw ada kata2 yang salah thx

      Hapus
  38. mas kalo kuliah jurusan photographer mnjanjikan gak buat masa depan.?

    BalasHapus
    Balasan
    1. masukan mas derin prayogi bagus tuh...
      cb di resapi.

      kalo jwbn gue, photography gk ada matinya. bayangin, media massa makin berkembang. orang kawinan biasanya butuh jasa prawedding. sekarang photography jg masuk ke industri kuliner, coba liat menu2 makanan di cafe yg ciamik, biasanya pake jasa photographer jg loh

      Hapus
  39. Mas saya mau tanya, kalo kuliah jurusan photographer mnjanjikan gak buat masa depan.?
    Makasih mas .

    BalasHapus
  40. agan mas mbak

    semua ilmu bermanfaat gan, jd jgn ragu memilih jurusan apa saja' sepertinya kuliah bukan hnya semata2 untuk mencari pkerjaan, ada hal yang lebih penting dari itu, misalkan pertemanan itu penting, dan juga ternyata kita mewarisi ilmu yang telah dipikirkan oleh orang2 terdahulu, dan bgaimana kita saja lg tinggal mengembangkan untuk mmmberikan sdikit kontribusi dan menyelamatkan dunia kita yang berantakan dan hmpir mleduk ini
    smoga saja terus brmunculan dr gnerasi kita tokoh2 yang mencintai dan berjasa untuk bumi ini
    kalaw bukan kita siapa lg yang akan peduli

    maaf klw ada kata2 yg salah' sory klw lebay
    kwkkw

    BalasHapus
  41. Mas gemboll.
    Ane sekarang kelas 2-Ips. Dari awal masuk sma, pas psiko tes ane bilang ane mau masuk hi, karna b.inggris ane kuat. Ternyata pas gue kroscek. Peluang kerja lulusan hI sempit. So akhirnya ane konsul ke emak ama babe. Dia bilang lebih bagus kalo gua masuk Fak.Hukum, nah disini ane mau nanya apa bedanya Fak.Hukum ama FISIP.
    Makacciihh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. nih untuk sementara gue kasih jawaban kalo lo kuliah di jurusan HI, kerjanya dimana.

      Bidang kerja:
      Diplomat
      Internasional Officer

      Instansi:
      Departemen Luar Negeri, Kedutaan Besar, Konsulat, Atase, INGO

      Bidang kerja:
      Akademisi, Politisi, Birokrat, Peneliti/Analisis, Jurnalis, Banker, Pebisnis Transnasional, Konsultan Internasional.

      Instansi:
      PTN/PTS, Parpol, Lembaga Pemerintahan, NGO, Lembaga Penelitian, Media Massa, Bank, MNC

      Bidang kerja:
      Public Relations, Translater, editor, Presenter, Event Organizer.

      Intansi:
      Perhotelan, Pariwisata, MNC, Media Massa, EO.

      sumber dikutip dari:
      http://fisip.ub.ac.id/webfisub/index.php/in/profil-jurusan/prodi-hi/peluang-hi

      Hapus
  42. Mas gembool aku skrg mau semester 3 ini jurusan ilmu ekonomi pembangunan ak juga suka sih jurusannya...n IP ku slama 2 smester ini lumayan bagus...kira2 ntar pas lulus dpt pekerjaan yg memadai tidak ya n lulusan IE biasanya kerja dimana..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh, ini kenapa gak percaya diri ya? santai aja mah, kalo lo yakin dan punya skill, pasti dpt pekerjaan kok. Believe me,

      Hapus
  43. Mas gembool aku skrg mau semester 3 ini jurusan ilmu ekonomi pembangunan ak juga suka sih jurusannya...n IP ku slama 2 smester ini lumayan bagus...kira2 ntar pas lulus dpt pekerjaan yg memadai tidak ya n lulusan IE biasanya kerja dimana..?

    BalasHapus
  44. Mas gembool aku skrg mau semester 3 ini jurusan ilmu ekonomi pembangunan ak juga suka sih jurusannya...n IP ku slama 2 smester ini lumayan bagus...kira2 ntar pas lulus dpt pekerjaan yg memadai tidak ya n lulusan IE biasanya kerja dimana..?

    BalasHapus
  45. Mas gembool aku skrg mau semester 3 ini jurusan ilmu ekonomi pembangunan ak juga suka sih jurusannya...n IP ku slama 2 smester ini lumayan bagus...kira2 ntar pas lulus dpt pekerjaan yg memadai tidak ya n lulusan IE biasanya kerja dimana..?

    BalasHapus
  46. Mas gembol saya kuliah jurusan Akuntansi kompuuter mau masuk semseter 3(saatini masih libur) saya inngin pindah /transfer ke jurusan manajemen ke PT lain, menurut mas.??

    Pendapat mas tentang lapangan pekerjaan di antara kedua jurusan tersebut mana yg lebih besar menrt mas..??

    BalasHapus
  47. sya krj di tehnisi listrik, umur 30, skrg mo niat kuliah, byk yg menyarankan ambil thnk elektro, dlm hati sya ga sregg sma ilmu tehnik, tpi umur n krjaan sy, yg mnuntun sy ke jurusan elektro. hati sya snang ma psikoloq pilihan pertama, ekonomi pilihan kedua, gmn ya, TEHNIK atw EKONOMI (psikologi gada PTS di bogor)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau saran saya mas, alangkah baiknya ikuti kerjaan mas sekarang, di umur segitu kerja mungkin lebih penting drpada sekedar ego atau kesangan, lagipula ilmu ekonomi bisa dipelajari kok diluar lingkungan 'sekolah' (formal)

      Hapus
  48. mass gemboll ..
    aku bingung ni, minta saran nya na ..

    yang bagus buat kedepan nya smua nya yg baek dah, itu seperti skripsinya dan sehabis sarjana tu apa ya ..
    kan saya skrng smk ni jurusan teknologi informasi nah buat kuliah nya yang bagus apa ya ???
    dan kedepan nya sangat di perlukan sma semua org juga apa ya ??

    penjelasan nya om gembol (keeep smile)

    BalasHapus
    Balasan
    1. saran ya? hmmm... bentar mikir dulu, kamu SMK jurusan tek,informasi. nice itu perlu dipikirkan? selanjutnya apa kamu nyaman dengan pelajaran itu selama sekolah? atau sering minggat? hehehe...

      kalau iya, pikirin dulu, kasih tau mas gemboool kamu minatnya dmn?

      mas gemboool tunggu ya (keep smile juga)

      Hapus
  49. om om, aku masih kelas 3 smk, jurusan akuntansi, rencana pengen banget kuliah, tapi bingung mau ngambil jurusan apa, planning si ntar kalo kerja pengen di bank, ngambil jurusan akuntansi lagi jujur aja ngga suka itungitungan, pengen juga ambil jurusan broadcast tapi dipikir2 biayanya mahal kali ya ? belum lagi modal lainlainnya, bingung iniiii -___-
    tolong sarannya yaa omm ;)

    BalasHapus
  50. om om minta saran dongg, aku sekarang kelas 3 smk, jurusan akuntansi
    rencana pengen kuliah tapi bingung ambil jurusan apa, katanya lanjutin aja ke akuntansi tapi jujur aja ngga suka sama itungitungannya, tapi ntar kalo kerja aku pengennya di bank, pengennya kuliah broadcast, tapi kayanya mahal kali yaa ? minta sarannya bagusnya gimana ya om ? -___-
    tengkyu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. om om? ntr dikira gue om om genit yg doyan ABG... amit2 cabang bayi T-Rex.

      oh iya, pas penjurusan SMK dulu, kamu masuk Akuntansi lewat psikotes gak ya? kalau iya, berarti kamu memang bakat tuh di bidang ekonomi. beda loh bakat sama suka/gak suka. bakat tuh alami, sedangkan suka/gak suka ya cmn ego km aja.

      soal kuliah broadcast, oom (jiah oom), gue belum tau rinciannya. kalau soal mahal sih relatif, kuliah sekarang mana ada yg murah. nah ada baiknya kamu ikutin saran gue di atas. (atas yg mana sih?)

      nih, yang ini.

      Perlu lo semua ketahui, sebaiknya mengambil keputusan untuk kuliah itu perlu dibicarakan oleh kedua belah pihak, yaitu lo dan kedua orang tua lo. Kenapa? Alasannya cukup sederhana. Karena kuliah itu yang ngejalaninnya lo dan yang ngebiayainnya kedua orang tua lo. Jadi, jangan sampe uang orang tua lo habis, tapi minat lo untuk kuliah enggak ada sama sekali. Beda yah, minat sama males kuliah, hehehe...

      Yang namanya kuliah itu gak ada yang murah, bayangin aja untuk biaya pendaftaran masuknya aja yang paling murah itu 20 jutaan, dan yang paling mahal bisa sampe ratusan juta rupiah. Gak kebayangkan kalo uang segitu banyaknya lo habisin karena lo gak punya minat sama sekali buat kuliah.

      sekarang ikutin passion kamu dulu, terus diskusiin sama ortu kamu, gmn baiknya. kerja tuh gk harus di Bank mulu biar dibilang tajir, hebat, wow, apalah. bahkan jualan pecel lele pun untungnya ngelebihin gaji pegawai bank lho...

      lihat Rangga Umara, pendiri Lele Lela, omset perbulannya 1 Miliar lebih...
      wow kan? hehe

      Hapus
  51. Balasan
    1. kuliah di jurusan arsitek dong, gak mungkin kan kuliah pertanian?

      Hapus
  52. haha abang aja atuh lah :D
    *abang ojek :D
    iyaa bang, waktu itu di tes segala macem ribet banget, awalnya cuma ngerasa ketantang doang soalnya kebetulan akuntansi jadi unggulan di sekolah, yaudahh deh nyobain :D

    orang tua mah terserahin aja om, makanya bingung nihhh -___-

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo passion kamu di broadcast sih, gpp :)
      asal satu, saran gue. kamu kuliah jangan asal2an. tekunin.
      gak ada kuliah yg nantinya malah gak dpt kerja, org gak kuliah aja bisa kerja kok. hehe...

      mau nanya apa lagi nih?

      Hapus
    2. hempp iyaiya paham hehe
      udahan nanyanya :D
      tengkyu mas gemboool :P

      Hapus
  53. Halooo mas gemboool.
    Mau minta pencerahan dongg hehe
    Bingung nih mau masuk mana. Dulu mau masuk fk/psikologi tapi kata guru aku psikologi udah banyak mas. Terus aku psikotes di lptui hasilnya s-1 kedokteran atau s-1 teknik lingkungan. Tapi aku sama sekali ga tertarik tekniiik:S barusan juga googling "nyesel masuk kedokteran" isi blog2nya menyeramkan hahahaha-_- btw, hasil psikotesnya minat aku 1.musik, 2.bio, 3 apaagt. Pengen masuk musik di institut musik indonesia mas. Tapi takut gak menjamin masa depan:( atau psikologi aja yaa?:S

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kok masa depan ditakutin? Masa depan itu dicari dong...
      Gak ada salahnya kamu minat musik terus kuliah musik, sekarang orang2 kreatif malah lagi dicari oleh perusahaan loh, nah... kamu jadi orang kreatif ya...

      Hapus
  54. Wahhh thanks bnget ya dek atas infonya, sungguh mnrik bnget , ini cocok bnget di bc buat anku yg taun ini br lls smp , smg dgn mmbc blog ini dia g akan salh plh dgn ms dpn nya , aku sbgai ortu cm bs ksh dukungan kedia , skl lg thanks ya dek gemboolllll

    BalasHapus
  55. Hehehe iyaaaa mas:D makasih yaaa:)

    BalasHapus
  56. waduh mas, postingan ini jdi makin bkin saya dilema :D
    rencana saya mau kuliah sambil kerja, dan pekerjaan saya berkelut dengan gambar teknik, makanya saya ingin ngambil fakultas teknik.
    kalo seperti yg mas bilang kalo fakultas teknik itu bisa sampe bikin coffeeholic, saya khawatir sama stamina n time management saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak usah dilema...
      langsung hajar kuliah aja. lulus. sesimple itu tujuan kuliah!

      Hapus
  57. Kira- kira bagusan mana yah mas antara IPDN sama Teknik Pertambangan ? masalah kekerasan IPDN ditinggalkan dulu deh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. apa aja bagus kok, asal sesuai minat lo, lo lebih memilih yang mana? karena percuma kalau lo kuliah gak sesuai semangat lo. ujung-ujungnya pasti nyesel.

      Hapus
  58. Mas, kira-kira bagusan mana antara IPDN sama Teknik Pertambangan ? masalah kekerasan di IPDN tinggalin dulu deh.

    BalasHapus
  59. gw bru mo lulus smk nie gan,jurusannya teknik sepeda motor.........
    jurusan yang bagus buat gw nanti apa ya pas kuliah??

    BalasHapus
    Balasan
    1. teknik mesin dong...

      tapi kenapa gak buka bengkel sendiri aja langsung? hehe...

      Hapus
  60. minta saran dong .. bagusan mana untuk kedepannya antara tehnik sipil atau tehnik elektro? dan karena saya cewe apakah tidak masalah untuk memilih jurusan itu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. cewek masuk teknik gak masalah kok. ini kuliah, bukan pemilihan gadis sampul. lo bisa kuliah apa aja yang lo suka. gak memandang gender kelamin ya.

      Hapus
    2. oke kalau begitu :), tapi untuk jurusannya baiknya itu yang mana yaa? antara tehnik sipil dan tehnik elektro ..

      Hapus
    3. balik lagi ke passion kamu dimana, anonim.

      Hapus
  61. guys, kalo koment jangan pake anonim dong. lo bebas nanya, tapi masak gue jawab pertanyaan lo, tapi gue sendirinya gak tau siapa lo. makasih ya...

    BalasHapus
  62. kalo jurusan teknik itu ipa atau ips ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Teknik IPA kak...
      Tapi, bukan berarti anak IPS gak bisa masuk teknik, lo bisa ambil paket IPC.

      Hapus
  63. kalo jurusan teknik itu ipa atau ips ya?

    BalasHapus
  64. Annisa fitri septi6 Juni 2014 15.42

    Eh bener ni,gue yg kemampuan matematisnya biasa2 aja bisa lancar di teknik sipil?
    Oh ya,di teknik sipil itu gak harus orang yang kemampuan fisikanya selangit aja kan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa dong, asal ada kemauan untuk belajar...
      sipil emg gak hrs fisika selangit, tp paling gak lo bisa fisika dasarnya aja.

      Hapus
  65. mas gembol.. mw tnyak nih, q smk kan jurusan perhotelan, trs mw lanjutin kuliah.. tp bingung lnjut kuliah kepariwisataan ato management.. kalo pariwisata kn bsa nyambung sama jrusan smk dulu, tp kok pgen d management, susah gak sih ?? trs q jg berhijab, cocok yg mna biar kerja nnti masih bsa brhijab ?? maksiih :-)

    BalasHapus
  66. Mas mau tanya, saya SMA nya jurusan IPA, mau ngambil manajemen tapi masih ragu, tolong kasih solusi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ragunya dimana? kalau cuman alasannya kamu anak IPA, itu bukan alasan. Lha, gue, anak IPA kuliahnya di jurusan manajemen!

      Hapus
  67. ka kalo menurut lo mending akuntansi apa ilmu komunikasi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. gue kurang paham akuntansi. gue pilih, ilmu ekonomi aja deh. :)

      Hapus
  68. mas, ak kan baru lulus sma nih jur ipa, mau tanya menempatkan jurusan di pilihan pertama atau kedua gitu ngaruh ga sih? misalnya jur prtma di manajemen, kebetulan minatnya di manajemen. kl ke dua nya jur SI. yg diprioritaskan jur prtama kah? thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. yoi, yang pertama didahulukan. misal mau pilih opsi mending yang pertama ambil passing grade yang paling gede baru ke kecil.

      Hapus
  69. Mas mau numpang tanya ya. hehe..
    aku sekarang kelas 3 SMA semester 1, masih bingung nih mas mau nerusin kuliahan ke mana? -,-
    Niatnya sih mau ke kuliah fakultas teknik sipil atau engga teknik mesin dehh..
    tapi masih ragu,, ragunya itu yaa apakah lulusan sma masuk ke jurusan teknik itu cocok,, terus apakah bisa bersaing dengan yg lulusan smk yg masuk ke jurusan teknik juga, kan lulusan smk sudah jelas sudah mempunyai pengalaman/bekal untuk melanjutkan ke kuliahannya itu sementara anak sma masih awam terhadap teknik tsb.

    trus 1 lagi mas,, enakan mana sih teknik mesin sama teknik sipil,, trus apakah kira kira pekerjaannya setelah lulus dari kedua fakultas itu masing - masing?

    terrimakasih,, mohon bantuannya mas ^.^
    *nanti kalo masih bingung boleh tanya lagi ya mas,, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. oke, pertama, off anonimnya dong...
      kedua, SMA/SMK bersaing di teknik? kenapa nggak? adek gue aja dari SMA biasa (bukan SMK) enjoy-enjoy aja tuh kuliah di teknik sipil. jadi, bukan alasan, gue dari SMA biasa nggak cocok kuliah di teknik.
      nah, yang ketiga ini yang jawabannya relatif. enakan mana teknik mesin sama sipil? kalau kata gue sih enakan lontong sayur. :))) *kidding*

      sipp... nanti kalau mau tanya lagi, off-in anon-nya ya :p

      Hapus
    2. Cara nge-off anonimnya gmn mas? soalnya yg bisa cuma yg anonymus doang._.

      Oh iya mas kalo boleh tau adek mas emg kuliah di mana?
      Materi yg dipelajari dari kedua teknik itu masing2 apa aja mas?
      Terus prospek kerja sama bakalan kerja apa dari lulusan jurusan tsb?

      Hapus
    3. Cara hapus anonim?
      Gubrak!
      Itu loh, profile yang kamu pake jangan 'anonim' tapi yang lain, bisa aja dari google, livejournal, dll.

      hehehe :))

      Adek gue kuliah sipil, materi yang sering doi pelajari sih tergantung jurusan, doi tentang bangunan2 gitu sama tentang jalan.

      materi sipil sih biasanya kebanyakan tentang bangunan, jalan, jembatan, perairan, gitu-gitu deh. sementara, mesin ya tentang mesin dan aplikasinya.

      semoga bisa membantu. :))

      Hapus
    4. Okedeh mas:)
      kaya nya susah mas teknik sipil tuh,, apalagi tentang pelajaran praktek autocad nya,, kalo di byangin + liat temen yg dari smk teknik bangunan tuh kaya yg susah banget deh mas,,
      Tapi mudah"an aku bisa masuk sipil deh dan dilancarkan.. hehe

      oh iya mas,, sipil itu prospek kerjanya kebanyakan itung2an doang kah? atau harus dibarengi imajinasi yg kuat juga?

      Hapus
    5. Sipil, penggunaan autocad nggak begitu susah kok... nantikan diajarin lagi.
      Amin, semoga lo diterima di Fakultas yang sesuai dengan harapan lo.
      Sipil emang prospek kerjanya lebih ke dominan hitung2an, ya namanya mau bikin bangunan, jalan, dll... harus dihitunglah, salah hitung, bisa hancur tuh... hihi... soal imajinasi cuman arsitek yang banyak gunainnya. :)))

      Hapus
  70. mas gemboool, maaf mau tanya..
    aku kelas 3 SMA jurusan ips. aku masih bingung nentuin jurusan buat kuliah.. sebenernya pengen wirausaha, tapi masih ga ngerti gimana caranya, terus usahanya apa. kata mama wirausaha itu susah, tapi aku tetep kepengen.
    kalo ujungnya harus kuliah, manajemen itu kayak gimana ya mas? apa hafalan gitu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, kalau lo mau masuk Manajemen, bagus tuh, nanti ambil jurusan pemasaran kalau mau berwirausaha.

      Manajemen itu kayak gimana? Apa hafalan gitu?

      Sebenernya teori itu bukan untuk di hafal tapi dipahami, kenapa? karena kalau sudah paham, kita nggak perlu menghapal lagi. Bener kan?

      Hapus
    2. Kalo jurusan ilkom keunggulanya apa,an mas ?

      Hapus
    3. Banyak sih, salah satunya lo bisa jadi programer, atau bisa belajar robotic. Keren.

      Hapus
  71. Mau tanya nih mas gembool kalo fakultas hukum itu kan ada Bagian Hukum Keperdataan, Bagian Hukum Pidana, Bagian Hukum Acara, Bagian Hukum Tata Negara, Bagian Hukum Administrasi Negara, Bagian Hukum Internasional, Bagian Hukum dan Masyarakat dan Bagian Dasar-Dasar Ilmu Hukum. apa iya yang masuk fakultas ini harus pinter ngomong?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pada dasarnya, setiap mata kuliah (apapun itu) harus pinter ngomong sih...

      Hapus
    2. iyasih.. tapi kenapa ya pas saya mau masuk fakultas ini temen2 pada dibilang "wah pinter ngomong dong"

      Hapus
    3. Mungkin pada dasarnya anak hukum notabene lulus bakal jadi Hakim atau pengacara. Jadi, banyak yang mengira anak hukum pinter ngomong. Nggak salah juga, tapi ada bagusnya juga kalau lo pinter ngomong. iya nggak?

      Hapus
  72. mas, aku mau nanya nihhh
    aku bru kls 3smp. bngung milih ipa/ips. kalo ipa, kimia aku kurang..
    kuliah ntr minatnya sih arsitek, tp ortu suruh akuntan, tp aku jd ragu gara" dnger akuntan itu harus stand by kapan aja, takutnya honor ga sebanding sm kerja.
    jd aku hrs gimana??minta saran ya mas gemboool, jd aku hrs pilih ipa/ips???

    BalasHapus
    Balasan
    1. masih jauh, mending gue jawab ipa/ips aja ya.
      kalau kamu kurang suka matapelajaran yang sistemnya nalar, rumus, mungkin lebih baik masuk ips aja. tapi percaya deh, ipa itu enak juga kok. nggak ada pelajaran yang susah kalau lo mau belajar. pahami. dan coba terus, jangan nyerah. :)

      Hapus
    2. mas,mnurut mas bagus fakultas komunikasi atau psikolog

      Hapus
    3. Semuanya bagus, tapi kalau disuruh milih bagusan mana, gue pilih psikolog. Kenapa? Ya, gue pernah punya ambisi untuk masuk fakultas itu. Tapi ternyata gue gagal, dan justru terdampar di fakultas ekonomi manajemen.

      Hapus
  73. Fakultas Teknik Elektro itu gue!
    *wah wah*

    #SalamKeepStrong

    BalasHapus
  74. fakultas ilmu komputer, ane masuk fakultas ini cuma karena ane sering ngabisin waktu buat ngegame dan browsing, dan sekarang diajarin koding, udah deh merasa salah masuk jurusan

    BalasHapus
  75. Mas gembool orang palembang ya? Ini jugo wong palembang kak(*lupokela*)
    Mau nnya nih, aku baru aja dapet hasil tes ikut tes psikolog SMA dan aku udah dibangku SMA sm1 mau masuk sm2. Yang aku bingung dihasil tes itu aku disaranin ikut seni rupa jurusan DI, Teknik Arsitektur, kedokteran ama Psikolog. Aku bakat gambar mas tapi agak kurang ama namanya matik kalo belajar tuh lodingnya lama bingit. Minatnya si pengen psikolog tapiiii yaitu pengen DI juga pengen arsitek juga tapi gak ama dokter kayanya. Takut ntar KO duluan. Menurut kakak cak mano aku niii

    BalasHapus
    Balasan
    1. seneng gambar, tapi nggak suka matematika?
      Hmm... kalau arsitektur itu sih memang pake fisika, dek. Soalnya kalo bangun gedung harus dipikirin juga kekuatan gedungnya.
      Tapi kalau seneng gambarnya aja, mending ambil jurusan DKV (Design Komunikasi Visual)

      Hapus
  76. pak-pak saya mau tanya :D (haha)
    saya sekolah kelas 12 SMK ambil jurusan Multimedia yg mencakuop : Desain Grafis , Photography , Audio video visual , web desain sama animasi 2D&3D . nah sebenernya saya gak suka pake banget sama jurusan itu . saya terpaksa ambil jurusan itu karena saya di paksa oleh orang tu saya . nah saya pengen kuliah tapi masih bingung ambil jurusan apa . saya gak mau lagi orang tua saya memaksa lagiuntuk ambil jurusan itu . sebaiknya saya gimana ya ?? mohon pencerahanya . suwun :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komunikasi dua arah kayaknya lebih baik, lo harus jelasin dulu sama orangtua lo kalau yang ngejalanin kuliah nanti bukan mereka. Tapi lo tetep harus gunain bahasa yang sopan dan tunjukin kalau lo bisa dipercaya (maksudnya sama kuliah pilihan lo. Jangan mereka udah percaya, eh lo sendirinya males2an, bolos, IP kecil, dll). Soal jurusan, coba gali lagi minat lo dimana? misal lo hobi makan atau masak, mending langsung sekolah Chef. iya kan?

      Hapus
  77. Mas, aku slalu pengen punya cita-cita jadi jurnalis di VOA Amerika krn dari dulu slalh berkeinginan kerja dinegara lain tp masalahnya mas aku baca salah satu thread di k*s*u* kl kerja jd jurnalis itu gaji dikit tapi pengalaman bym mas contohnya kita bisa ketemu orang terkenal. Nah disitu letak masalahnya mas & aku slalu pengen jd psikologi & arsitek kl masalah arsitek aku gajago matematika mas apalagi kakak pertama aku udah ambil arsitek jd kesannya gak seru aja sama jurusan yg enak kan beda2 yah. Aku juga seneng bgt perhatiin bangunan2 & kdg aku slalu punya ide buat rumah gitu tapi aku gaada bakat buat gambar mas. Gimana nih? Bantuin aku dong mas hehehe makasih banyak mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. wow, lo banyak banget maunya; mulai dari jurnalis, psikiater, arsitek.
      saran gue ambil salah satunya aja. jadi wartawan lapangan emang gajinya gak sebesar gaji karyawan swasta yang bergerak di bidang energi. tapi, jadi wartawan itu punya kepuasan batin sendiri loh. gue juga sekarang lagi cari-cari job jurnalis nih... tapi belum ketemu aja. :p

      Hapus
  78. mas kalo public relation (PR) gimana yah!, gw pengen tau deh gmn

    BalasHapus
  79. mau tanya ya.... Kalo menurut kaka lebih bagus jurusan farmasi atau keguruan? Soalnya lagi bimbang nih antara 2 jurusan itu... Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. semua jurusan itu sama bagusnya. sekarang tergantung kitanya mau kuliah di jurusan apa?

      dan kalau soal farmasi atau keguruan? semua itu ujung2nya jadi diploma/sarjana juga, bedanya di akhir, kalau kamu lebih suka kimia, mungkin farmasi cocok sama lo. Tapi kalau lo punya mimpi jadi guru, ya ambil jurusan keguruan dong...

      Hapus
  80. minat nih di jurusan sastra inggris tapi bahasa inggris aku ancur -_- terus gimana mas ? gak ada yg diminatin lagi selain sastra inggris

    BalasHapus
    Balasan
    1. belajar. nggak ada kata terlambat selagi kita "mau"!

      Hapus
  81. Eka Aniati Dewi17 Desember 2014 07.51

    Hai mas gembol. Aku bentar lagi kan mau lulus sma nih. Nah aku tuh niatnya mau masuk kuliah di jurusan manajemen. Aku dari ipa kak. Tapi jujur gue ga suka ipa karna ada kimia. Makanya aku pilih ips soalnya aku suka hafal sama suka kaya bidang manajemen gitu kak. Hehe. Kalo kakak kan manajemen nih, kira2 enaknya di manjemen apa kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. dulu juga dari IPA sih. masuk jurusan manajemen ini bisa dibilang gue ini kecelakaan. haha... soalnya, lulus SMA nggak kepikiran sama sekali masuk jurusan ini. tapi, setelah lulus, gue justru bersyukur karena bisa masuk jurusan ini. kenapa? simple. manajemen itu bisa diaplikasiin dalam kehidupan sehari2. contohnya aja manajemen waktu; bangun tidur jam 7, mandi lima belas menit kemudian, dll.

      kalau segi teknis pembelajaran, manajemen ini ada sangkut pautnya sama budgeting (penganggaran), controling (kontrol), aplikasi kehidupan ekonomi dan kewirausahaan. nah, kalau kamu memang suka wirausaha atau mau berwirausaha ada enaknya juga masuk manajemen. jadi, kita belajar (teori) langsung dipraktekin.

      Hapus
  82. Mas bro kalau dari fisip bisa gak guru ngajar??

    BalasHapus
  83. Jurusan fisip bisa jadi guru gak.???

    BalasHapus
  84. Mas gombal bisa gak dari fisip jadi guru sekolah

    BalasHapus
  85. Mas gombal bisa gak dari fisip jadi guru sekolah

    BalasHapus
    Balasan
    1. mas gombal? -_-"

      bisa aja sih. mungkin lu harus ngelamar ke sekolah2 dulu gitu...
      trus, kenapa nggak langsung masuk FKIP aja?

      Hapus
  86. mas gem, sy tertarik msk fmipa tp byk temen yg bilang kalo ilmu murni itu prospeknya ga begitu cerah. menurut mas gimana, apakah sy maju trs utk fmipa atau pilih yg lain?

    BalasHapus
  87. mas gem, sy tertarik msk fmipa tp byk temen yg bilang kalo ilmu murni itu prospeknya ga begitu cerah. menurut mas gimana, apakah sy maju trs utk fmipa atau pilih yg lain?

    BalasHapus
  88. mas gw mau tanya nih, gw mau lulus smk gw pengen kuliah, tapi gw sadar ekonomi keluarga gw kurang mampu, rencananya gw mau ngumpulin uang dulu buat kuliah kira2 bisa ga kuliah di usia 21 jurusan teknik pertambangan ?

    BalasHapus
  89. mas gw mau tanya nih, gw mau lulus smk gw pengen kuliah, tapi gw sadar ekonomi keluarga gw kurang mampu, rencananya gw mau ngumpulin uang dulu buat kuliah kira2 bisa ga kuliah di usia 21 jurusan teknik pertambangan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa lah, kuliah kan tidak ada batasan umur...
      kenapa nggak coba beasiswa?

      Hapus
  90. Mas gw mau tanya nih, gw mau lulus smk gw pengen kuliah gw jrusan tkj tapi nggak mau lanjutin ke jurusan tkj itu..trus gw binggung mau msk jurusan apa.dan gw nggk jago hitungan mohon dibantu dong..mau masuk ilmu politik tapi itu ada statistik jadi biggung gw,,mohon bantuaanya dong???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gue lebih bingung, lo mau kuliah aja bingung. Tapi ya, misal lo mau masuk ilmu politik ya silahkan aja. semua kuliah sih pasti ada hitung2an. Jadi jangan takut kok, kan lo bisa belajar atau nyontek temen yang lebih pinter....

      Hapus
  91. mass gembolll saya kan udh mau tamat nih dari smk berapa bulan lg, trus say udh isi snmptn. jrusan pertama itu hukum sdgkan saya itu pariwista, saya tertarik ambil hukum krn ya saya pngn belajar menegakkan keadilan. kira2 bisa gk yaa -_-" diterima gk ya mass-__0

    BalasHapus
    Balasan
    1. tergantung. kalo nilai kamu mencukupi siih pasti tembuss!!!
      nggak harus anak pariwisata harus kuliah yang sama. semoga tembus deh, jadi kuliah hukum... amiiinnnn

      Hapus
  92. mas kalo jurusan pariwisata ambil hukum gimana, bisa gk mass -_-"

    BalasHapus
  93. gue sebenernya ga mau banget masuk SMK, apalagi jurusan tehnik pemesinan lagi, mana fisik gue kurang lagi, *gaadatemencewelagi* :3 mau pindah udah nanggung, sebelumnya ortu gue yang ngatur duh -_- Dan rencana gue pas nanti lulus SMK tehnik pemesinan (amin) insya Allah gue mau lanjutin kuliah mau ngambil jurusan Bukan fakultas tehnik mesin. yang mau gue tanyakan pada Mas Gemboool yang ganteng inih :3 gue bakal Pusing ga sih ngadepin materi jurusan kuliah yang gue pilih nanti yang sebelumnya gue malah masu SMK jurusan tehnik meisn yang bersimpangan dengan jurusan kuliah ? atau kuliah tuh sama aja kaya SD/SMP/SMK yang belajarnya dari dasar (yang sebelumnya kita gak tau banget apa itu ini itu) ? plisss help me yeh :(( moga paham

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama aja, semua dari dasar kok. tapi nggak dasar2 amat sih. kayak gue yang kemarin anak IPA tapi kuliah IPS alias Ekonomi masih nyambung2 aja. soalnya ada beberapa matakuliah yang emang ngulang daridasar. dan gue bisa. kenapa lo nggak? bener kan?

      Hapus
  94. kalo dari SMK telekomunikasi mau masuk ke fakkultas kebidanan gimana yaa?
    kagak nyambung

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh-boleh aja kok. siapa yang larang?

      Hapus
  95. Kalo manajemen sama ekonomi pembangunan, bedanya apa mas broo?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hampir sama, tapi ada beberapa mata kuliah khusus untuk penjurusan ekonomi pembangunan.

      Hapus
  96. Artikel yang menarik..
    Gaya bahasa mas gembooll gokil abis :D
    Makin semangat deh mau kuliah T.Informatika :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks, brooo
      Semangat kuliahnyaaa

      Hapus
  97. mau tanya nih mas gembol, sekarang kan saya masih sekolah SMK jurusan perhotelan, menurut saya perhotelan tuh bagus, saya lumayan cocok juga, jurusan ini sih hampir menjurus ke managerment internasional juga sih tp saya lg bingung bngt nih mas gembol nanti kuliah mau ngelanjut ke HI,managerment perhotelan,managerment bisnis,atau IT.
    passion saya sih kayanya lebih ke pinter ngomong apa jurusan apa ya kira" yg cocok.
    minta saran ya mas di antara ke 4 jurusan itu prospeknya lebih besar yg mana ?

    tolong di bls ya om gembol ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Management perhotelan bagus tuh...
      Kalau kamu pinter ngomong, mending ambil Hubungan Internasional aja, siapa tau bisa jadi diplomat. haha

      Hapus
    2. mas gemboll saya mau tanya , menejemen sama IT tu prospek kerja di taun mendatang tu luasan mana sih ?

      Hapus
    3. wah kalau itu sih sama aja...
      gak ada yang beda dari tahun sebelumnya.
      tapi dengan seiringnya kemajuan teknologi informasi kayaknya IT punya prospek cerah.

      Hapus
  98. ka saya mau nanya donq kan saya lulusam smk jurusan elektro sma informatika tapi saya kurang suka sih sma jrusan'a, nah niat'a saya pen kuliah ngambil manaajemen tpi kaan gx nyaambung sma jrusan sblum'a kira" saYa harus gimana yya kaa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. alasan lo mau ambil jurusan manajeman apaan?

      Hapus
  99. permisi numpang tanya nih... kalau ingin jadi pembisnis, mending masuk jurusan ekonomi atau manajemen yah? trimaksih

    BalasHapus
    Balasan
    1. sekarang ada kok kuliah bisnis dan entreprenuer :)

      contohnya:
      Universitas Ciputra Entrepreneurship

      Hapus
  100. Mas , mau tanya. Aku tahun ini lulus smp mau ke SMA.. Aku bingung mau msuk jurusan IPA atau IPS. Minat dan bakat aku sih di IPA. Tapi org tua pngn aku masuk IPS biar nanti bisa kuliah di IPDN. Mas, apakah kalau mau kuliah di IPDN harus masuk ke Jurusan IPS?

    BalasHapus
  101. Mas , mau tanya. Aku tahun ini lulus smp mau ke SMA.. Aku bingung mau msuk jurusan IPA atau IPS. Minat dan bakat aku sih di IPA. Tapi org tua pngn aku masuk IPS biar nanti bisa kuliah di IPDN. Mas, apakah kalau mau kuliah di IPDN harus masuk ke Jurusan IPS?

    Mohon keterangannya ya mas gemboool :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. IPA memang beda jurusan sama IPS. Ortu bener, kalau mau IPDN mungkin harus bisa ilmu sosial, macam akuntansi, ekonomi, sejarah dan pengetahuan umum. tapi IPA pun bisa kok. asal ngerti dasar2 ekonomi sih.
      sesuai singkatan IPDN=Institut Pemerintahan Dalam Negeri. lebih banyak ekonominya sih :p
      nggak ada IPDN belajar tentang FOTOSINTESIS.

      Hapus
  102. Mas gembol mau tanya. Kalau SMA nya di pesantren, apa bisa melanjutkan kuliah di IPDN?

    BalasHapus
  103. Min, aku mau nanya dong. Kalau bisa tlg kasih solusi juga hehe. Gini, aku kan angkatan 2014, kuliah jurusan sipil di slh satu PTN. Tp slma satu semester kuliah, aku trnyata ga sreg. Rasanya sulit gtu. Nah makanya pas semester 2 aku mutusin buat cuti, dan thn ini coba tes sbmptn ngambil akuntansi d univ yg sama. Trnyata pas kmrn dgr hasil, lulus. Aku sbnrnya lega pas tau lulus, tp keliatannya ortu ttep pengen di sipil deh. Menurut admin gmn? Aku sadar sih klo smua keputusan itu ada d tgnku. Tp msh bimbang memutuskan. Msh takut, jgn sampai nyesal klo lepas akuntansi atau trnyata nnt aku ngerasa slh jurusan lagi (seperti sipil) klo nerima. Jd masih butuh saran/masukan. Jd aku mhn kesediaan dr admin utk memberikan komentar. Atau kalo admin berkenan lgsg dibalas k emailku aja (ludwigcore007@gmail.com). Makasih byk min.

    BalasHapus
    Balasan
    1. blog ini nggak pakai jasa admin. ya kalau di bales itu dibales oleh mas sendiri.
      nggak sreg nya dimana? coba bayangin, kalau km ambil akuntansi terus nggak sreg juga? lama-lama lu nggak kuliah deh.
      nggak kuliah sih bagus. lu bisa bisnis atau wirausaha.
      nah, saran, coba pikir baik-baik lagi untuk apa lu kuliah? kalau cmn disuruh ortu, gengsi, atau cmn mau ijazahnya aja mending nggak usah deh.
      tapi... ya, kuliah memang membantu dalam status sosial, lu nggak dipandang sebelah mata lagi. lu sarjana. tapi percuma juga kalau lu sarjana susah2 tapi nggak dimanfaatin optimal. iya kan?

      sekian, ditunggu responnya lagi.

      Hapus
  104. mas gemboool... numpang nanyak nih yg mana prospek kerjanya lebih menjanjikan Komputer akuitansi bisnis atau administrasi negara?

    BalasHapus
    Balasan
    1. administrasi negara, sekarang negara lagi edan euy...
      investor lagi dikit. lapangan kerja swasta semakin dikit. mending ambil adm. negara deh...

      Hapus
  105. permisi mas gembol, minta saran dong skrg kan aku kls 11 IPA dan masih bingung ngambil jurusan apa nantinya. nah skrg sih punya rencana mau ambil manajemen atau akutansi tapi kan aku dari kelas IPA. Jadi gimana bisa gak? mohon sarannya :)

    BalasHapus
  106. permisi mas gembol, skrg aku klas 11 IPA dan masih bingung milih jurusan apa nantinya. dan rencana mau ngambil manajemen atau akutansi tapi kan aku dari kelas IPA. Jadi mohon sarannya ya mas gembol :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa dong...
      kuliah lah menurut passion kamu.
      saran, kalau kamu IPA dan merasa pinter, cobalah ambil jurusan yang sesuai konsentrasi. Sarjana Ekonomi tuh udah banyak banget. tiap univ aja bisa ngelulusin ribuan sarjana ekonomi. bayangin ada berapa univ di kota kamu? dan lapangan pekerjaan semakin menipis.

      Hapus
  107. Mas, saya diterima di jurusan ilmu politik, di universitas ternama akreditasi A.. awalnya saya minat dan pnasaran sama jurusan tsb, tpi skarang saya kawatir prospek kerjanya kedepan, masalahnya akreditasi jurusan tsb C, benarkah akreditasi jurusan mempersulit kita nanti mencari pekerjaan ? dan ilmu politik prospek kerjanya apa saja ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada beberapa perusahaan memang yang mementingkan akredetasi dalam seleksi karyawannya.

      nah, kalau prospek kerja, mas gemboool nggak bisa mastiin. blm pernah ketemu anak kuliah ilmu politik sih kecuali anak sospol (sospol), itu juga dia kerjanya nggak sesuai jurusan. kemaren ketemu katanya dia kerja di finance gitu. hahah.

      Hapus